Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Tindakan Korupsi

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya tindakan korupsi yang akan saya bahas disini mungkin sudah umum sekali ya. Dan banyak sekali yang sudah mengetahuinya hanya saja tidak kepikiran tentang hal itu. Disini saya akan membahas beberapa penyebab terjadinya tindakan korupsi.

Korupsi? korupsi adalah suatu tindakan yang menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak. Semua orang tahu bahwa tindakan korupsi itu tidak baik dan jelas-jelas itu Haram, namun masih banyak saja pejabat-pejabat yang suka korupsi.

Bukan hanya pejabat, orang biasa saja bisa-bisa saja melakukan tindakan korupsi ini tanpa disengaja maupun disengaja walaupun tindakan tersebut masih spele, tetapi tindakan ini masih saja sangat merugikan orang lain. Sebenarnya apa saja penyebab dari Terjadinya tindakan korupsi ini? mari kita simak ulasan berikut ini.

Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Tindakan Korupsi

1. Pengaruh lingkungan sekitar.
Salahsatu penyebab terjadinya tindakan korupsi yang pertama adalah pengaruh lingkungan disekitar, jika dilingkungan dapat memberikan pengaruh yang baik, akan baik juga orang-orang yang berada dilingkungan tersebut, dan jika buruk, akan buruk juga tentunya. 

Tidak semua orang pastinya, walaupun dilingkungan sekitar mereka banyak memberikan pengaruh yang buruk atau tidak baik, jika orang tersebut bisa menahannya, tidak mungkin akan terpengaruh terhadap lingkungan sekitar. Tetapi kebanyakan orang akan terpengaruh.

2. Ekonomi yang semakin sulit 
Jika sudah seperti ini semuanya serba sulit, berbagai carapun akan orang lakukan untuk mempermudah ekonomi mereka, tidak perduli cara tersebut halal ataupun haram, yang jelas ekonominya menjadi lebih mudah. Jadi hal inilah penyebab terjadinya Korupsi.

3. Gaji Pegawai pemerintah yang kecil
Dengan gaji yang pas-pasan yang diberikan kepada orang yang tidak bersyukur, mereka akan melakukan tindakan korupsi, walaupun hal tersebut akan beresiko besar baginya. Tetapi dengan cara inilah mereka menutupi gajinya yang pas-pasan tadi. 
Apalagi dengan kebutuhan hidup yang mewah membuat para pegawai pemerintah yang mempunyai gaji pas-pasan akan tidak ragu lagi dalam melakukan tindakan korupsi ini.

4. Lemahnya penegak hukum
Lemahnya penegak hukum yang ada di Negara kita, pastinya pelaku tindakan korupsi akan sangat senang hati sekali melakukan tindakan korupsi ini, apalagi zaman sekali bahwa hukuman bisa dibeli. Itu dimana-mana bukan hanya di Negara kita ini.

5. Iman yang lemah
Jelas sekali, iman yang lemah bisa akan sangat mempengaruhi iman, apalagi jika mendapatkan proyek yang melibatkan uang rakyat dalam jumlah besar. Tentunya korupsi akan pasti terjadi, contohnya saja tahun dulu yang paling dikenal itu adalah Gayus tambunan. Hmmm...

Ilustrasi korupsi

Mungkin faktor-faktor diatas masih sedikit, sebenarnya masih banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya tindakan korupsi ini. Nah, jika kamu ingin tahu Negara-negara yang paling korup didunia itu apa saja, mari kita lihat Negara apa saja yang paling korup didunia menurut survei persepsi korupsi:
  • Azerbaijan
  • Bangladesh
  • Bolivia
  • Kamerun
  • Indonesia
  • Irak
  • Kenya
  • Nigeria
  • Pakistan
  • Rusia
  • Tanzania
  • Uganda
  • Ukraina
Diatas masih diperdebatkan karena ini dilakukan berdasarkan persepsi subyektif dari para peserta survei tersebut, bukan dari perhitungan langsung dari korupsi-korupsi yang terjadi.

Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Tindakan Korupsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Munawir Alfikri

4 komentar:

  1. Benar mas Iman yang lemah adalah pemicu utama tindakan korupsi. Coba kalau iman nya kuat sekurang-kurang pun ekonomi pasti tidak akan mengambil jalan keluar dengan cara korupsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya tindakan korupsi itu bukan hanya iman yang lemah saja ya mas, selagi ada kesempatan untuk korupsi itu juga bisa menjadi penyebabnya x-)

      Delete
    2. Maka dari itu jangan berikan kesempatan para koruptor untuk seenaknya korupsi :D

      Delete
  2. Yang namanya UANG dan UANG selalu menari perhatian kita semuanya Siapa sih yang nda doyan sama yang namanya Uang, duit, arto, fulus, money ini. Saya aja kalau dikasih uang mau kok asal uangnya halal ya hiheiheihiee.

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak dan sabar. Ingat, jangan marah-marah ya :)