Bagi-bagi artikel pendidikan gratis yang didapat dari berbagai sumber terpercaya

8/22/2016

Pengertian Data dan Jenis-jenis Data

Apa itu data? Data adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari suatu penelitian atau pengamatan, data dapat berupa Lambang, sifat, atau angka. Data dapat memberikan gambaran tentang suatu keadaan persoalan. Data bisa juga didefinisikan sebagai sekumpulan informasi ataupun nilai yang diperoleh dari pengamatan (Observasi) suatu objek.

Menurut Webster New World Dictionary tentang pengertian Data, adalah Things known or assumed, dalam bahasa Indonesia artinya yaitu Bahwa data itu sesuatu yang diketahui atau dianggap. Data yang baik itu adalah data yang bisa dipercaya kebenarannya (Reliable), dapat mencakup ruang lingkup yang sangat luas, atau data yang bisa memberikan gambaran masalah-masalah tertentu.

What is data

Disini saya akan mencoba untuk memberikan informasi tentang Jenis-jenis Data yang perlu kamu ketahui. Ternyata jenis-jenis data itu tidak hanya satu, tetapi ada bermacam-macam data, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Jenis-jenis data menurut sumbernya

Data Internal adalah data dari suatu organisasi yang menggambarkan keadaan organisasi tersebut. Contoh dari data internal tersebut adalah Jumlah Karyawan, Suatu Perusahaan, Jumlah Modalnya, dan lain sebagainya.

Data Eksternal adalah data yang didapat dari luar suatu organisasi yang bisa menggambarkan faktor-faktor yang mungkin cukup mempengaruhi hasil kerja suatu organisasi. Contohnya Daya beli masyarakat mempengaruhi hasil penjualan suatu perusahaan.

2. Jenis-jenis data menurut sifatnya

Data Kualitatif adalah data yang bukan atau tidak berbentuk angka, contoh dari data Kualitatif ini adalah Kuesioner pertanyaan tentang bagaimana suasana Kerja.

Data Kuantitatif adalah data yang berbentuk angka, misalnya adalah besarnya pendapatan, atau juga saham. Dan lain sebagainya yang berbentuk angka.

3. Jenis-jenis data menurut cara mendapatkannya

Data Skunder adalah data yang didepat atau dikumpulkan oleh studi-studi sebelumnya yang diterbitkan oleh berbagai instansi lain. Biasanya sumbernya tidak langsung yang berupa arsip-arsip resmi

Dara Primer adalah data yang dikumpulkan secara sendiri-sendiri atau perorang secara langsung dari objek yang akan diteliti untuk kepentingan studi, yang bisa merupakan Observasi, ataupun interview.

4. Jenis-jenis data menurut waktu pengumpulannya

Data Berkala atau Time Series Data yaitu data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu. Biasanya data ini digunakan untuk melihat dari perkembangan dari suatu hari ke hari berikutnya.

Data Cross Section adalah data yang dikumpulkan pada suatu waktu tertentu digunakan untuk menggambarkan keadaan dan kegiatan pada waktu itu juga. Contohnya adalah penelitian yang menggunakan Kuesioner, dan lain-lain.

Bagaimana? yang jelas  jenis-jenis data itu banyak sekali ya, bukan hanya satu. Dan setelah kamu membaca dan memahami penjelasan yang telah saya tulis diatas kamu pasti sudah paham dan mengerti tentang Apa itu data dan apa saja jenis-jenis data. Baiklah, untuk itu sampai disini saja artikel yang bisa saya tuliskan kali ini, semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *