Nilai-nilai yang Terkandung Dalam Setiap Pancasila

Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila - Sebagai Warga Negara Indonesia tentunya kita wajib harus mengenal dasar negara kita dan juga harus memahaminya. Mungkin sebagian besar dari kamu yang telah membaca artikel ini sudah tahu nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Tetapi, untuk kamu yang belum mengetahuinya kamu sangat tepat sekali telah nyasar diblog yang indah dan menawan ini.

Ternyata, pancasila itu mengandung nilai-nilai yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari Masyarakat Indonesia. Kenapa bisa seperti itu? Jelas sekali, nilai yang terkandung didalam pancasila tidak sembarangan dibuat. Dan kamu jangan coba-coba mengubah artinya ya sob, apa kamu ingat sama Zaskia Gotik yang katanya "Bebek Nungging" yang menghebohkan seluruh alam semesta. Makanya, jangan main-main ya.

nilai-nilai yang terkandung dalam setiap pancasila

Baiklah, bagi kamu yang sudah tidak sabar lagi ingin membaca, nilai apa saja yang terkandung didalam pancasila ini, kali ini sudah saya kumpulkan dari berbagai sumber terpercaya, langsung saja kita simak ulasan berikut ini:

1. Nilai Ketuhanan yang maha Esa

Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, ini sangat sesuai sekali dengan Agama dan keyakinan sejalan dengan asas kemanusiaan yang adil dan beradap. Nilai ketuhanan Yang Maha Esa mengandung arti adanya pengakuan dan keyakinan bangsa terhadap adanya Tuhan sebagai Pencipta alam semesta. Dengan nilai sila yang pertama ini Indonesia bukanlah Negara yang ateis tetapi Indonesia merupakan Negara yang relligius.

2. Nilai Kemanusiaan yang adil dan Beradab

Warga negara Indonesia telah mengakui kewajiban antara sesama manusia sebagai asas kebersamaan bangsa dan persamaan derajat. Bangsa Indonesia mampu bersama-sama menegakkan dan juga memelihara kebersamaan yang dinamis yang akan selalu mengarah pada kemantapan yang disempurnakan.

3. Nilai Persatuan Indonesia

Seperti yang tertera pada sila ke-3 Persatuan Indonesia yang mempunyai makna usaha ke arah bersatu dalam kebulatan Rakyat untuk membina rasa nasionalisme dalam NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Sekaligus mengakui keanekaragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

4. Nilai Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

Kedudukan yang baik pasti sudah dimiliki Warga Negara. Dan kedudukan yang sama itu digunakan dengan kesadaran dan mengutamakan kepentingan negara maupun masyarakat. Dan juga warga Negara Indonesia harus selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan suatu persoalan bersama.

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

Pada Sila ke-5 yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia ini memiliki makna sebagai dasar sekaligus tujuan tercapainya Masyarakat Indonesia Yang Adil dan Makmur secara lahiriah ataupun batiniah. Dan juga kita harus mengihindarkan diri dari sifat pemborosan gaya hidup yang berlebihan dan perbuatan yang dapat merugikan kepentingan umum. Menghargai hasil kerja keras orang lain yang tentunya akan dibutuhkan untuk mewujudkan sikap kebersamaan. Nilai-nilai dasar itu sifatnya abstrak dan normatif.

Itulah nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila di Pancasila, apabila ada kekurangan saya mohon maaf ya, dan kamu jangan lupa untuk mengetahui Pengertian Pancasila sebagai Dasar Negara, terima kasih.

Nilai-nilai yang Terkandung Dalam Setiap Pancasila Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bella Suci

4 komentar:

  1. Kita selaku warga indonesia harus mengetahui 5 nilai pancasila ini terima kasih ya sudah berbagi sangat bermanfaat sekali dan saya bangga jadi warga negara indonesia. MERDEKA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali kang, ini wajib diketahui seluruh warga negara indonesia. (o)

      Delete
  2. Dari ke lima sila
    Terkandung di PANCASILA
    Sebagai pecinta Indonesia
    Wajib tahu ya semua maknanya

    MERDEKA-MERDEKA MERDEKA!!!

    Dirgahayu INDONESIA KE-71

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong, semua warga Indonesia wajib tahu makna dari setiap sila di Pancasila ini 8-)

      Delete

Berkomentarlah dengan bijak dan sabar. Ingat, jangan marah-marah ya :)