Pengertian Analisis SWOT dan Manfaatnya

Pengertian analisis SWOT dan manfaatnya - Analisis SWOT adalah suatu bentuk analisis didalam  organisasi maupun di dalam manajemen perusahaan yang secara sistematis dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan untuk jangka panjang maupun jangka pendek.

A. Manfaat analisis SWOT

Metode analisis SWOT dianggap sebagai metode analisis yang paling mendasar, yang manfaatnya untuk dapat melihat suatu topik atau suatu permasalahan dari 4 sisi yang berbeda-beda. Apabila digunakan secara benar, analisis ini akan dapat membantu untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat selama ini.

Hasil dari analisa biasanya berupa arahan atau rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan juga untuk menambah keuntungan dari segi peluang yang ada.

B. Penjelasan lain Analisis SWOT

Yaitu sebuah bentuk analisa dan juga kondisi yang sifatnya deskriptif yang memberi suatu gambaran. Analisa seperti ini menempatkan situasi yang juga kondisi sebagai faktor masukan, kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing.

Hal yang harus diingat baik-baik oleh para pengguna analisa ini adalah, bahwa analisa SWOT ini semata-mata hanyalah sebagai suatu analisa yang tujuannya untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi, bukan sebuah alat analisa ajaib yang bisa memberikan jalan keluar untuk masalah yang sedang dihadapi.

Singkatan dari SWOT adalah:
  • S = Strengt (Kekuatan)
  • w = Weaknesses (Kelemahan)
  • O = Opportunities (Peluang)
  • T = Threats (Hambatan)
Baiklah, sekarang kita akan membahas satu persatu Penjelasan mengenai 4 komponen analisis SWOT ini yaitu Strengt, Weaknesses, Opportunities, dan Threats:

SWOT ANALYSIS

1. Strenght (S)
Strenght didalam bahasa Indonesia artinya adalah Kekuatan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi ataupun perusahaan saat ini. Hal yang dilakukan dalam analisis ini adalah setiap perusahaan maupun organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan dibandingkan dengan pesaingnya.

Misalnya Apabila kekuatan perusahaan tersebut lebih unggul didalam teknologinya, maka keunggulan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi yang lebih maju.

2. Weaknesses (W)
Analisis kelemahan, sama seperti artinya. Situasi ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi peruahaan saat ini, merupakan cara menganalisis kelemahan didalam sebuah perusahaan ataupun organisasi, yang menjadi sebuah kendala serius didalam kemajuan perusahaan maupun kemajuan organisasi.

3. Opportunity (O)
Analisis peluang, kondisi dimana situasi yang merupakan peluang diluar suatu organisasi atau purusahaan dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasa mendatang. Cara ini digunakan untuk mencari peluang maupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahan ataupun organisasi bisa berkembang di masa depan.

4. Threats (T)
Ancaman, analisis ancaman cara menganalisis ancaman yang wajib dihadapi oleh perusahaan ataupun organisasi untuk menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang sangat tidak menguntungkan pada sebuah perusahaan maupun organisasi yang bisa menyebabkan kemunduran. Apabila tidak diatasi ancaman seperti ini akan menjadi sebuah penghalang bagi usaha yang bersangkutan baik untuk dimasa depan ataupun saat ini.

Dari pembahasan yang telah saya tulis diatas tadi, analisis SWOT merupakan instrumen yang sangat bermanfaat didalam melakukan analisis strategi. Analisis seperti ini berperan sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang terdapat didalam suatu perusahaan dan organisasi.

Pengertian Analisis SWOT dan Manfaatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bella Suci

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan sabar. Ingat, jangan marah-marah ya :)