Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan - tentu pertanyaan ini yang membuat kamu bingung dan ditambah lagi cara mendapatkan referensinya sangat sulit. Baiklah jangan diambil pusing, kamu datang pada tempat yang benar.

Hewan dan tumbuhan jelas dikelompokkan dalam kingkom yang berbeda, didalam postingan ini akan kita uraikan semua perbedaan antara Sel Hewan dan Sel Tumbuhan. Poin-poin penting saja yang akan kita kaji saat ini yaitu tentang perbedaan sel ini dari Dinding sel dan Vakuolanya. Berikut ulasannya:

1. Struktur sel hewan dan sel tumbuhan

Struktur dasar sel hewan ataupun sel tumbuhan adalah sama. Tetapi didalam perkembangannya, kedua dari jenis sel tersebbubt mengalami perkembangan yang sesuai dengan lingkungannya, sehingga hal tersebut dapat menimbulkan berbagai perbedaan.

Salahsatunya adalah ekologis, tumbuhan adalah pembuatan makanan, sedangkan hewan berperan sebagai memakan tumbuhan dan juga hewan lainnya.

2. Tabel perbedaan sel hwan dan sel tumbuhan

PERBEDAAN SEL HEWAN DAN SEL TUMBUHAN
Sel Tumbuhan
Sel Hewan
Memiliki Dinding sel Tidak Memiliki Dinding sel
Memiliki vakuola berukuran besar Memiliki vakuola berukuran kecil
Memiliki plastida(kloroplas, kromoplas, dan leukoplas Tidak memiliki plastida
Tidak memiliki sentriol Tidak memiliki sentriol

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Hewan mempunyai organel yang khas pada selnya, yaitu Sentriol yang tidak terdapat pada sel tumbuhan. Sentriol merupakan sepasang struktur berbentuk seperti silinder yang mempunyai lubang ditengahnya dan tersusun dari protein mikrotubulus. Biasanya anggota pasang sentriol ini terletak diposisi menyudut kearah kanan atau satu sama lain.

Sentriol sendiri tersusun dari mikrotubulus yang membentuk suatu struktur protein seperti jala yang terlihat berdekatan dengan kromosom selama pembelahan sel. Jala dinamakan oleh benang spindel. Di ujung lain, jala ini berdekatan dengan bagian ujung sentriol. Sentriol berperan sebagai pengatur polaritas (kutub) mengatur pemisahan kromosom selama pembelahan.

Yang perlu kamu ketahui adalah Isitilah sel ini pertama kali digunakan oleh Robert Hooke untuk memberikan nama ruang-ruang kecil yang ada pada gabus dan juga tumbuhan yang dilihatnya menggunakan Mikroskop.

Sampai disini dulu artikel tentang Biologi ini, semoga bermanfaat jangan lupa untuk share artikel ini keteman kamu.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: GoodBlogger

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan sabar. Ingat, jangan marah-marah ya :)