Pengertian Konduksi, Konveksi, Radiasi dan Contohnya

Pengertian Konduksi, Konveksi, dan Radiasi - Mungkin diantara tiga kata tersebut sudah ada yang kamu ketahui artinya dan juga belum kamu ketahui. Tetapi jika kamu sudah tahu artinya, baiklah cukup baca sampai disini saja artikelnya hehe...

Yang pertama yang akan kita bahas adalah Konduksi. Konduksi adalah perpindahan kalor melalui Zat penghantar tanpai disertai perpindahan bagian-bagian zat tersebut. Biasanya perpindahan kalor ini terjadi pada zat padat dengan cara konduksi, contohnya seperti logam.

Baiklah, untuk contoh lebih jelasnya adalah Jika kamu membuat kopi panas, dan memasukkan ujung sendok maka panasnya akan berpindah ke bagian atas sendok tersebut, hal ini menunjukkan bahwa kalor atau panas berpindah dari ujung ke ujung besi ataupun logam.

Nah, saya rasa untuk Pengertian dan contoh Konduksi sudah kamu pahami, sekarang kita akan melanjutkan tentang Pengertian Konveksi. Konveksi adalah berpindahnya kalor melalui zat penghantar yang disertai dengan perpindahan bagian-bagian zat itu. Biasanya zat penghantar yang dipakai ini berupa zat cair dan juga gas. Perpindahan Kalor karena adanya aliran zat yang dipanaskan akibat adanya perbedaan masa jenis atau berat jenis.

Pengertian Konduksi, Konveksi, Radiasi dan Contohnya

Langsung saja kita lihat Contoh Konveksi. Misalnya kamu memanaskan Air didalam panci sehingga air tersebut mendidih. Ada juga pristiwa yang tidak kamu sadari bahwa itu adalah konveksi yaitu Terjadinya angin darat dan angin kalor.

Sekarang kita berpindah ke Radiasi. Pengertian Radiasi adalah Berpindahnya kalor tanpa memerlukan zat perantara. Pancaran kalornya hanya terjadi didalam gas. Contohnya Penghantar panas matahari ke bumi melalui ruang hampa udara. Biasanya alat yang digunakan untuk mengetahui adanya pancaran kalor ini adalah Termoskop. Contoh lain dari Radiasi kalor adalah Api unggun yang sedang menyala.

Bagaimana sobat, tentunya kamu sudah paham dong, dengan pembahasan singkat yang telah saya tuliskan diatas, baiklah sampai disini dulu artikel tentang Pengertian Konduksi, Konveksi, Radiasi serta Contohnya yang bisa saya tuliskan hari ini, semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa kunjungi terus blog Sedang Membaca.

Pengertian Konduksi, Konveksi, Radiasi dan Contohnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: GoodBlogger

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan sabar. Ingat, jangan marah-marah ya :)