Pengertian Besaran dan Satuan Fisika Menurut Ahli

Pengertian Besaran dan Satuan, 2 konsep yang mendasar ini sebenarnya wajib kita pahami terlebih dahulu didalam suatu kegiatan pengukuran atau lebih jauhnya lagi kalibrasi. Walaupun kedua konsep ini bisa dibilang sangat sederhana dan mungkin sudah diulas pada saat SMP pada pelajaran fisika, tentu tidak ada salahnya jika kita ingin kembali memahami lebih dalam tentang besaran dan satuan ini.

Besaran dan satuan tidak hanya dapat dikaitkan dengan jumlah suatu benda ataupun zat, namun dapat berupa besar suatu energi yang dihasilkan suatu benda. Baiklah, untuk lebih jelasnya lagi tentang pengertian besaran dan satuan fisika ini mari kita lihat penjelasannya dibawah ini:

Pengertian Besaran Fisika

Didalam ilmu fisika Besaran adalah suatu yang dapat diukur dan juga dapat dinyatakan didalam sebuah nilai dengan satuan-satuan yang ditetapkan. Selain dari itu Besaran juga merupakan pernyataan yang menyatakan jika suatu hal memiliki ukuran dan juga mempunyai satuan yang akan diketahui ukurannya.

Pengertian Besaran dan satuan

Ukuran suatu benda maupun zat sangatlah penting sekali bagi kita untuk mengetahui besaran dan satuan. Karena keduanya itu adalah pokok utama didalam konsep pengukuran. Ada bermacam-macam jenis besaran menurut kajian ilmu fisika, yaitu Besaran pokok, besaran vektor, besaran turunan, dan besaran skalar.

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya menjadi dasar penentuan satuan besaran lainnya. Besaran pokok ini meliputi Masa, panjang, waktu, suhu, kuat arus listrik, intensitas cahaya, dan juga jumlah zat. Besaran vektor adalah besaran yang mempunyai nilai dan arah, contohnya adalah kecepatan. Besaran turunan besaran-besaran yang satuannya diturunkan dari satuan besaran pokok, contohnya kecepatan diturunkan dari panjang waktu. Besaran skalar adalah besaran yang hanya mempunyai nilai saja, contoh untuk besaran skalar adalah massa dan juga laju.

Pengertian Satuan fisika

Satuan ini didefinisikan sebagai alat ukur pembanding besaran. 2 Besaran memiliki satuan yang berbeda, karena sangat tidak mungkin jika 2 besaran memiliki satuan yang sama, karena setiap besaran mempunyai satuannya masing-masing. Apabila kamu menemukan besaran yang memiliki satuan yang sama namun besaran yang berbeda.

Misalnya: Gaya mempunyai satuan Newton dan berat mempunyai satuan Newton. Dilihat dari besarannya, besaran tersebut berbeda, tetapi pada kenyataannya besaran tersebut sama. Yaitu sama-sama besaran turunan Gaya. Satuan didalam ilmu fisika dibagi menjadi 2 bagian, yaitu:
  1. Satuan Baku adalah satuan yang biasanya digunakan secara umum atau bisa disebut juga satuan standar.
  2. Satuan tidak Baku adalah satuan yang digunakan didaerah setempat.
Nah, itulah pembahasan yang bisa saya tuliskan tentang Pengertian Besaran dan Satuan Fisika harini. Semoga dengan artikel yang saya tuliskan ini bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan kamu terhadap apa yang saya tuliskan tersebut. Sampai ketemu diartikel selanjutnya, terima kasih.

Pengertian Besaran dan Satuan Fisika Menurut Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bella Suci

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan sabar. Ingat, jangan marah-marah ya :)