Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli - Sejak SMP kita sudah mulai mempelajari Geografi, belajar Geografi menurut saya sangatlah menyenangkan, karena setelah kita mempelajarinya lebih dalam, kita jadi lebih tahu dan lebih banyak mengenal mengenai Bumi. Walaupun dipelajaran Geografi banyak sekali bahasa-bahasa Ilmiah yang menyangkut mengenai bumi, tapi banyak yang suka dengan pelajaran Geografi ini, apalagi gurunya yang baik dan penyabar.

Didalam Geografi kita dituntut untuk memahami fenomena alam yang terjadi, dan juga mengenal tempat-tempat eksotis yang ada diseluruh alam semesta ini. Dan untuk kamu sedang mencari Pengertian Geografi Baik itu menurut para ahli ataupun secara umum, kali ini Saya akan mencoba memberikan pembahasan untuk itu. Baiklah, langsung disimak ya...

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

1. Pengertian Geografi Menurut Bahasa

Disaat kamu sedang membaca dan mendengar kata-kata Geografi pasti yang terlintas dipikiran kamu adalah Ilmu yang mempelajari tentang Bumi, Negara-negara, cara membuat Peta, atau gunung meletus. Diantara itu pasti terdapat pengertian Geografi, tetapi sebenarnya apasih Pengertian Geografi itu?

Kata Goegrafi ini diambil dari Bahasa Inggris yaitu 'Geograpy' ini merupakan turunan bahasa Yunani yaitu 'Geo' yang artinya Bumi dan 'Graphien' yang berarti tulisan ataupun penjelasan. Dan pada akhirnya kedua kata tersebut digabungkan menjadi satu yaitu Geography yang bisa diartikan secara istilah Ilmu Bumi atau ilmu yang mempelajari tentang Bumi.

2. Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Dibawah ini sudah saya simpulkan dari sumber-sumber terpercaya 10 Pengertian Geografi menurut para ahli, berikut ini ulasannya:

A. Daldjoeni
Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia mencakup tiga hal pokok, yaitu spasial (ruang), ekologi, dan region (wilayah). Dalam hal spasial, geografi mempelajari persebaran gejala baik yang alami maupun manusiawai di muka Bumi.

B. Alexander von Humboldt
Alexander manyatakan bahwa gegorafi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam terhadap manusia.

C. Karl Ritter
Geografi merupakan suatu telaah Bumi sebagai tempat hidup manusia. Hal-hal yang menjadi objek studi geografi adalah semua fenomena di permukaan Bumi, baik organik maupun anorganik yang berkaitan dengan kehidupan manusia.

D. Immanuel Kant
Geografi adalah ilmu yang objek studinya adalah benda-benda, hal-hal atau gejala-gejala yanb tersebar dalam wilayah di permukaan Bumi.

E. Halford Mackinder
Menurut Mackinder, Geografi adalah ilmu yang fungsi utamanya menyelediki interaksi manusia dalam masyarakat dengan lingkungan yang berbeda menurut lokasinya.

F. Bintaro
Geografi pada dasarnya adalah ilmu pengetahuan yang menceritakan, menerangkan sifat-sifat Bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas tentang kehidupan dari unsur-unsur Bumi.

G. Friederich Ratzel
Ratzel mengemukakan konsep geografi dalam bukunya yang berjudul Politische Geographie. Konsep itu diberi nama Lebensraum yang artinya wilayah geografis sebagai sarana bagi organism untuk berkembang. Ia melihat suatu negara cenderung meluaskan Lebensraum-nya sesuai kekuatan yang ia miliki.

H. Elsworth Huntington
Geografi adalah studi tentang fenomena pemukaan Bumi beserta penduduk yang menghuninya. Ia menjelaskan adanya hubungan timbal balik antara gejala dan sifat-sifat permukaan Bumi dengan penduduknya.

I. Paul Vidal de la Blache
Menurutnya, geografi adalah ilmu yang mempelajarai bagaimana proses produksi dilakukan manusia terhadap kemungkinan yang ditawarkan oleh alam.

J. Strabo
Geografi adalah erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakterisitik tertentu dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan. Pendapat ini kemuadian di sebut Konsep Natural Atrribut of Place.

Itulah ulasan tentang Pengertian Geografi menurut para ahli, Jika ada kekurangan didalam artikel ini saya mohon maaf, jika bermanfaat kamu bisa share artikel ini keteman kamu. Terima kasih.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: GoodBlogger

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan sabar. Ingat, jangan marah-marah ya :)