Pengertian, Fungsi dan Manfaat Internet - Intranet

Di era yang serba canggih ini, kita sudah tidak asing lagi dengan istilah internet dan intranet. Dengan kedua fasilitas tersebut kita bisa terhubung dengan teman dan kerabat di negara nan jauh, dan juga bisa mengakses berbagai macam informasi untuk kepentingan yang bermacam-macam pula.

Jika kita sudah sangat dekat dengan internet dan intranet, apakah jika seseorang menanyakan tentang internet dan intranet kepada Anda, Anda sudah mampu menjawabnya dengan tepat dan benar? Jika belum, mari kita simak ulasan lengkap tentang internet dan intranet berikut ini.

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Internet - Intranet

Pengertian internet dan intranet

1. Internet
Internet merupakan singkatan dari interconnected networking yang berarti tersambungnya seluruh jaringan komputer satu dan komputer lain di seluruh dunia. Lebih lengkapnya lagi, internet adalah jaringan komputer yang amat besar yang saling terhubung satu dengan lain yang mencakup seluruh dunia dengan menggunakan jaringan satelit atau telepon.

Cikal bakal munculnya internet adalah pada tahun 1969 dimana Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sebuah proyek dengan sebutan ARPANET yang saat itu dikhususkan untuk keperluan militer. Keberadaan internet saat ini bahkan membuat corak baru pada kehidupan manusia seperti trend update status, selfie, dan frekuensi aktivitas di medsos yang lebih dominan daripada di dunia nyata.

2. Intranet
Intranet berarti jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain yang dipakai dalam sebuah lembaga atau organisasi tertentu. Definisi intranet yang lain adalah jaringan komputer yang berbasis IP atau TCP.

Pada dasarnya, internet dan intranet memiliki fungsi yang sama, hanya saja lingkup pengguna intranet lebih sedikit atau tertutup dan tidak seterbuka internet yang dapat diakses oleh siapa saja. Hanya member yang memiliki password dan username khusus yang bisa menikmati layanan intranet.

Jika dilihat dari pengertian internet dan intranet diatas, kita bisa melihat perbedaan keduanya sebagai berikut:
  1. Internet bersifat terbuka dan berdaya jangkau lebih luas
  2. Intranet bersifat lebih tertutup dan jangkauannya tergantung area yang diinginkan networkernya.

Fungsi internet

1. Menambah pengetahuan atau wawasan
Jika Anda terkoneksi dengan internet dan membuka google, saat ini apa yang tidak bisa dijawab oleh Google? Google menjadi perpustakaan raksasa yang dapat diakses oleh siapapun, kapanpun, dan dengan tema apapun mencakup agama, politik, pendidikan, kebudayaan, sosial, ekonomi, dan sebagainya.

Hanya dengan sekali enter domain Google, Anda akan mendapatkan informasi yang sedang Anda cari. Jika Anda mencarinya di perpustakaan, bisa jadi Anda akan memerlukan waktu berhari-hari untuk menemukan materi yang Anda maksud. Dengan Google, waktu Anda tidak akan tersita banyak untuk proses searching data.

2. Memudahkan proses belanja online
Saat ini banyak sekali toko online yang bisa Anda kunjungi hanya dengan membuka Google kemudian ketik alamat situs toko online yang Anda maksud. Semua barang atau produk tersedia dengan kuantitas yang lebih banyak dari seluruh dunia tentunya dengan harga bersaing.

Komunikasi lebih cepat dan dengan daya jangkau lebih luas Internet adalah master yang dapat melipat jarak dan waktu. Komunikasi saat ini memiliki banyak sarana yang dapat menghubungkan Anda dengan manusia di seluruh dunia. Salah satunya adalah dengan menggunakan media sosial.

3. Sarana hiburan
Saat ini sudah tidak zamannya lagi game Petak Umpet, Jupritan, Gobak Sodor, dan dakonan, tapi ini adalah zamannya Zuma, COC dan juga Pokemon Go yang bisa anda download di internet. Selain itu, berbagai hiburan yang di upload via youtube juga bisa Anda saksikan. Bahkan dengan youtube Anda bisa menjadi tenar tidak hanya di kelas nasional tetapi juga internasional seperti Cherice dan juga Yuna Zarai kedua penyanyi kelas internasional berbakat asal Asia.

4. Berbagi data
Ada tugas dari dosen dan Anda belum mengumpulkannya? Anda bisa buka email atau WA lalu send. Data Anda sudah terkirim dan tugas kuliah Anda sudah selesai. Data-data lain yang bisa dikirim termasuk foto, video, berita, dan lain sebagainya.

Fungsi intranet

1. Memudahkan pengguna
Informasi di akses melalui browser dan pengguna tidak perlu install program baru untuk akses data di intranet.

2. Memudahkan penyajian informasi
Penyajian informasi menjadi lebih mudah karena menggunakan browser.

4. Memudahkan koneksi internet.
Jika pengguna koneksi internet terbatas, otomatis speed koneksinya juga akan tinggi sehingga tidak lemot dan mood Anda untuk akses informasi akan lebih stabil daripada jika Anda mengakses dengan koneksi yang lamban.

Itualah penjelasan tentang pengertian, fungsi serta manfaat internet dan intranet, bagi kamu yang bingung tentang penjelasan diatas atau masih belum mengerti, kamu bisa bertanya melalui komentar dibawah. Kunjungi terus blog sedang membaca terima kasih semoga bermanfaat.

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Internet - Intranet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bella Suci

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan sabar. Ingat, jangan marah-marah ya :)