3 Tahapan Klasifikasi Makhluk Hidup

Tahapan Klasifikasi Makhluk Hidup menjadi salah ilmu yang wajib kita ketahui agar dapat menentukan atau mengelompokan makhluk hidup berdasarkan pengamatan yang dilihat melalui ciri-ciri fisik serta sifat atau pola hidup makhluk hidup tersebut.

Klasifikasi makhluk hidup sendiri sangat bermanfaat terutama untuk mempermudah kita dalam menyebutkan nama serta spesies seluruh makhluk hidup.  Seperti kita tahu bahwa ada banyak sekali jenis mahluk hidup mulai dari yang bersel satu sampai dengan yang bersel kompleks. Makhluk hidup sendiri bisa termasuk tumbuhan, hewan, manusia bahkan bakteri dan virus sekalipun yang bisa tumbuh dan hidup di lingkungan tertentu.

Makhluk hidup sendiri menyebar mulai dari yang hidup di darat, laut bahkan udara.  Mengingat banyaknya makhluk hidup tersebut, tentu penting bagi kita untuk mengetahui klasifikasi makhluk hidup.  Hal tersebut karena kita manusia sebagai pemegang rantai makanan teratas sekaligus dibekali dengan akal pikiran sehingga dengan mengetahui klasifikasi tersebut kita dalam hidup selaras dengan alam bahkan memanfaatkan makhluk hidup lain namun dengan tetap memerhatikan keseimbangan alam.

Tahapan Klasifikasi Makhluk Hidup

Pengelompokan atau klasifikasi makhluk hidup di bagi menjadi 3 bagian.  Artikel ini akan membahas tentang 3 Tahapan Klasifikasi Makhluk Hidup yang bisa dijadikan informasi penting bagi kita semua. Lantas apa saja 3 Tahapan Klasifikasi Makhluk Hidup mari kita simak bersama.

1. Tahapan identifikasi

Identifikasi merupakan proses pengamatan terhadap objek yang akan di kelompokan.  Dalam hal ini objek merupakan makhluk hidup.  Dalam identifikasi ini ada beberapa hal yang di perhatikan antara lain ciri fisik, serta sifat dari makhluk  hidup itu sendiri.

Proses identifikasi ini juga terbagi atas beberapa tahapan yaitu pengamatan morfologi, pengamatan fisiologi, pengamatan anatomi, pengamatan kromosom, dan pengamatan tingkah laku.  Tahapan identifikasi ini juga akan dilihat perbedaan serta persamaan yang dimiliki antara makhluk hidup satu dengan makhluk hidup yang lain.  Tahapan ini memerlukan beberapa alat pendukung sekaligus alat pembanding yang bisa berupa gambar atau spesimen atau fosil.

2. Tahapan pengelompokan

Setelah tahapan identifikasi, kita beralih ke tahapan selanjutnya yaitu tahapan pengelompokan. Pada tahapan ini data tentang ciri dan sifat makhluk hidup yang sudah diperoleh akan di pecah dan dicocokan antara satu dengan yang lain. Yang mana makhluk hidup memiliki ciri dan sifat serupa mana yang berbeda. Makhluk hidup yang mempunyai ciri dan sifat serupa kemudian akan dikelompokan dalam unit-unit tertentu yang disebut dengan takson.

Pengelompokan unit takson, secara singkat diurutkan menjadi :
  • Dua spesies atau lebih dengan ciri tertentu dibuat kelompok dengan penamaan takson genus
  • Beberapa genus dengan ciri tertentu dibuat kelompok dengan penamaan takson famili
  • Beberapa famili dengan ciri tertentu dibuat kelompok dengan penamaan takson ordo
  • Beberapa ordo dengan ciri tertentu dibuat kelompok dengan penamaan takson kelas
  • Beberapa kelas dengan ciri tertentu dibuat kelompok dengan penamaan takson filum (kategori hewan) dan divisio (kategori tumbuhan)

3. Tahapan pemberian nama

Tahapan terakhir dari 3 Tahapan Klasifikasi Makhluk Hidup yaitu tahapan pemberian nama Pemberian nama ini sangat bermanfaat karena memiliki tujuan untuk memudahkan kita saat mengenali makhluk hidup tertentu serta bertujuan juga untuk memudahkan kita dalam membedakan makhluk hidup yang satu dengan makhluk hidup yang lain. Bisanya penamaan makhluk hidup dilakukan dengan memberikan nama ganda yang terdiri dari sedikitnya 2 kata dan menggunakan bahasa Latin.

Dan itulah artikel tetang klasifikasi makhluk hidup yang bisa saya share hari ini, semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan kamu.

3 Tahapan Klasifikasi Makhluk Hidup Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bella Suci

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan sabar. Ingat, jangan marah-marah ya :)