Semua Tentang Kapasitas Paru Paru

Kapasitas Paru Paru adalah kemampuan atau volume paru-paru yang dimiliki seseorang untuk menampung udara yang digunakan untuk bernafas. Pada dasarnya kapasitas paru-paru yang ada pada seseorang bisa diukur dengan menggunakan alat. Alat tersebut bernama spirometer. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengukur kapasitas paru-paru disebut dengan spirometri.

Sederhananya alat tersebut akan mencatat berapa volume udara yang masuk ke paru-paru dan volume yang keluar dari paru-paru.  Biasanya pada orang dewasa, memiliki kapasitas paru-paru sebanyak 5-6 liter.  Semua Tentang Kapasitas Paru Paru akan dijelaskan secara detail dalam uraian berikut ini.

1. Volume tidal

Volume tidal merupakan jumlah seluruh udara yang masuk paru-paru dan keluar paru-paru pada saat seseorang bernafas dengan normal. Biasanya ketika seseorang bernafas dengan normal ditandai dengan detak jantung yang juga berdegup normal, faktor emosi yang stabil juga diperlukan ketika menghitung volume tidal ini. Sebab jika seseorang gugup, cemas, takut atau terlalu senang akan mempengaruhi detak jantung serta kemampuan bernafas. Kapasitas volume tidal biasa berkisar 500 ml.

2. Volume cadangan inspirasi

Volume cadangan inspirasi adalah jumlah atau kapasitas udara yang masih bisa digunakan atau dihirup setelah seseorang bernafas secara normal. Volume ini juga dikenal dengan nama udara komplementer. Jumlah volume cadangan ini berbeda antara laki-laki dan perempuan. Biasanya laki-laki memiliki kapasitas cadangan inspirasi sekitar 3.300 ml dan perempuan sebanyak 1.900 ml

3. Volume cadangan ekspirasi

Volume cadangan ekspirasi adalah jumlah atau kapasitas udara yang masih bisa digunakan atau dikeluarkan setelah seseorang bernafas secara normal. Volume ini juga dikenal dengan nama udara suplementer. Jumlah volume cadangan ini berbeda antara laki-laki dan perempuan. Biasanya laki-laki memiliki kapasitas cadangan ekspirasi sekitar 1.000 ml dan perempuan sebanyak 700 ml

4. Volume residu

Volume residu adalah jumlah atau kapasitas udara yang masih ada di dalam paru-paru saat seseorang sudah melakukan pernafasan secara maksimal. Jumlah volume residu ini berbeda antara laki-laki dan perempuan. Biasanya laki-laki memiliki kapasitas volume residu sekitar 1.200 ml dan perempuan sebanyak 1.100 ml.

5. Kapasitas inspirasi

Merupakan volume keseluruhan udara yang bisa dihirup seseorang ketika seseorang bernafas secara normal dan bernafas secara maksimal kurang lebih volumenya sekitar 3.500 ml.  Kapasitas ini bisa di dapat dengan menjumlahkan volume tidal dan volume cadangan inspirasi.

6. Kapasitas residu fungsional

Merupakan volume keseluruhan udara yang ada di dalam paru-paru ketika seseorang mengeluarkan nafas secara normal, biasanya bervolume 2.300 ml.  Kapasitas ini bisa di dapat dengan menjumlahkan kapasitas cadangan ekspirasi serta volume residu.

7. Kapasitas vital

Merupakan volume keseluruhan udara secara maksimal yang bisa keluar dan masuk paru-paru ketika manusia bernafas.  Untuk mendapatkan kapasitas vital, cukup menjumlahkan volume tidal dan volume cadangan ekspirasi.  Rata-rata kapasitas vital bervolume sekitar 4.600 ml.

8. Kapasitas paru-paru total

Merupakan jumlah keseluruhan udara yang bisa di tampung paru-paru ketika seseorang bernafas. Untuk mendapatkan volume kapasitas paru-paru total cukup menjumlahkan kapasitas vital dengan volume residu.  Biasanya seseorang memiliki kapasitas paru-paru total sekitar 5.800 ml.

Kita telah membahas Semua Tentang Kapasitas Paru Paru namun seperti kita tahu bahwa kapasitas paru-paru antara satu prang dengan orang lain sangat bervariasi. Adapun faktor yang bisa mempengaruhi hal tersebut antara lain usia, jenis kelamin, pekerjaan, faktor genetis dan lain-lain.

Semua Tentang Kapasitas Paru Paru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bella Suci

1 komentar:

  1. kalau orang asma, itu terganggu karena apa ya. apa karena kapasitas paru parunya kecil

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak dan sabar. Ingat, jangan marah-marah ya :)